UTS-ku, Semangatku

Kamis, 11 Oktober 2012, semua santri Fathan Mubina disibukkan dengan buku, whenever and wherever. Sungguh ini adalah suatu pemandangan yang sangat indah. Suasana belajar pun meningkat berkali-kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa. Santri yang awalnya kurang semangat dalam belajar, kini berubah menjadi rajin luar biasa, bagai siswa kelas akhir yang akan menghadapi Ujian Nasional. Subhanallah.

Setelah kurang lebih 3 bulan Kegiatan Belajar Mengajar berjalan, Senin 8 Oktober 2012 kemarin, Pondok Pesantren Fathan Mubina menyelenggarakan Ujian Tengah Semester bagi seluruh santriwan dan santriwatinya, baik itu santri SMPIT maupun SMA ISLAM FATHAN MUBINA. “Ujian Tengah Semester ini atau biasa kita sebut dengan UTS bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar santri, dari UTS kita bisa mengetahui khususnya bagi para Ustadz ataupun Ustadzah mengenai perkembangan belajar santri, sejauh mana daya tangkap santri dalam memahami suatu pelajaran dan hasilnya juga akan diketahui oleh para wali santri”, ujar Ustadz Bambang selaku Kepala Sekolah SMPIT Fathan Mubina.

Tidak seperti Ujian Tengah Semester sebelumnya, Ujian Tengah Semester saat ini berlangsung selama 1 minggu, dikarenakan padatnya agenda kegiatan yang berlangsung di bulan ini, seperti Kemping Gembira, kegiatan Laporan Pertanggungjawaban OSFAMA serta I’dul Adha yang kebetulan jatuh di bulan yang sama. Sehingga memaksa Biro Pengajaran Pondok Pesantren Fathan Mubina untuk mempersingkat hari pelaksanaan UTS.

Semua santri pun terbawa dalam suasana UTS. Dengan diselenggarakan UTS suasana belajar menjadi kondusif, banyak santri disibukkan dengan belajar. Di beberapa tempat tertentu menjadi tempat favorit untuk belajar, sehingga tidak sedikit santri memperebutkannya.Seperti saung kebon dan areal pohon jati untuk wilayah putra serta kursi bambu bawah pohon ceri untuk wilayah putri.   “Ya Allah indah banget Ana lihat anak-anak pada semangat belajar. Coba kalau setiap hari santri kita kayak gini,” ujar Ustadz Jaka selaku pengurus Biro Pengasuhan Santri Putra yang ditemui saat mengawasi santri yang sedang belajar, selasa sore.

Ujian Tengah Semester kali ini memberi pengaruh positif bagi para santri. Bagi sebagian santri, UTS dijadikan sebagai motivasi tersendiri untuk meningkatkan kualitas belajar mereka.

عند الامتحان يكرم المرء أو يهان

Dengan ujian seseorang bisa dimuliakan, bahkan bisa juga direndahkan.

Tinggalkan komentar

Pondok Pesantren Fathan Mubina

Pondok Pesantren Fathan Mubina