Info

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 H

Jika biasanya tahun baru masehi disambut dengan begitu meriah oleh sebagian besar umat di dunia, dengan berbagai macam perayaan, pesta kembang api dan lainnya, maka sudah sepatutnya kita sebagai umat muslim turut menyambut tahun baru hijriah. Berbeda dengan tahun baru masehi, penyambutan tahun baru hijriah bukanlah dengan memperingati dan memeriahkannya seperti tahun baru masehi, tapi menyambutnya dengan memperbanyak amalan-amalan baik serta muhasabah diri, kemudian berhijrah diri menjadi lebih baik.

1 Muharram 1438 H pada tahun ini bertepatan pada tanggal 2 Oktober 2016. Pondok Pesantren Fathan Mubina juga turut menyambut datangnya tahun baru hijriah ini dengan berbagai kegiatan. Dikarenakan adanya Ujian Tengah Semester dari tanggal 3 – 8 Oktober, maka Peringatan 1 Muharram 1348 H diselenggarakan setelah UTS,  yaitu mulai tanggal 13 dan 14 Oktober yang diisi dengan berbagai macam perlombaan keagamaan, dan acara puncaknya pada hari sabtu, 15 Oktober 2016.

Kegiatan perlombaan diselenggarakan untuk seluruh siswa/i dan santriwan/wati se-Fathan Mubina, mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyyah, Tsanawiyyah, Aliyyah, serta Santri SMP dan SMA. Artinya, perlombaan ini diperuntukan bagi siswa berasrama maupun yang non asrama. Para siswa/i serta santri sangat antusias mengikuti perlombaan ini terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar pada masing-masing lomba.

Lomba yang diadakan antara lain Lomba Adzan, Pidato Bahasa Indonesia, Hifzhil Qur`an, Tilawatil Qur`an, Kaligrafi, dan Lomba cerdas-cermat untuk tingkat MTS/SMP dan MA/SMA. Sementara untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyyah yaitu lomba Puisi, Hafalan surat dan doa, serta lomba Fashion Show.

Pada Hari Puncaknya, yaitu sabtu 15 Oktober 2016, diisi dengan Ceramah oleh Ust. Jajat MZ, Fahion Show MI, Santunan Anak Yatim, Lomba Cerdas – Cermat PAI, berbagai penampilan Nasyid dan Marawis serta yang paling ditunggu adalah pengumuman pemenang dan pembagian hadiah.

“Pada Peringatan Muharram tahun ini terlihat lebih ramai dan meriah dari tahun sebelumnya karena tidak hanya diikuti oleh santri, tetapi juga oleh seluruh siswa MI/MTs/MA yang terlihat lebih antusias dan semangat mengikuti even ini sekarang” ujar Ust. Dadan Abdullah, Kepala Bagian Ibadah dan Kemasyarakat, yang mana kegiatan ini termasuk dari Program Kerja rutin beliau. “ Semoga tahun – tahun selanjutnya bisa lebih meriah dari tahun ini, dan lebih diterima oleh seluruh warga Fathan Mubina,” lanjut beliau.

Album kegiatan ini dapat dilihat di Album Kegiatan Muharram 1438 H

Pondok Pesantren Fathan Mubina

Pondok Pesantren Fathan Mubina