Info

Olimpiade Matematika (ODEMA) II Tingkat SD dan SMP Rekanan PP Fathan Mubina

Olimpiade Matematika (ODEMA) merupakan program Bagian Pengembang Potensi dan Prestasi Akademik Santri (P3AS) Pesantren Fathan Mubina yang peduli terhadap pendidikan sekolah dasar yang harus memiliki daya saing yang tinggi karena saat memasuki jenjang SMP, siswa harus beradaptasi dengan mata pelajaran Matematika yang lebih abstrak dibandingkan di SD.

Ide lomba Matematika ini berasal dari bapak pimpinan Pondok Pesantren Fathan Mubina, H. Chairuman Kamal, MA. Beliau ingin menjalin tali silaturrahim kepada sekolah dasar rekanan Pondok Pesantren Fathan Mubina.

Berdasarkan pemaparan di atas, Bagian Pengembang Potensi dan Prestasi Akademik Santri (P3AS) Pesantren membentuk panitia untuk mewujudkan ide dan program menjadi suatu kegiatan yang bernama “Olimpiade Matematika (ODEMA) II Tingkat Sekolah Dasar (SD) & Sekolah Menengah Pertama (SMP) Rekanan Pondok Pesantren Fathan Mubina”. Pada tahun sebelumnya, ODEMA hanya diperuntukkan tingkat SD, sementara pada tahun ini, Insya Allah diperuntukkan tingkat SMP juga.

Tujuan

  1. Meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa dalam mempelajari Matematika.
  2. Memberikan wadah bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan dalam bidang Matematika.
  3. Mengukur keberhasilan siswa dalam menguasai materi pelajaran Matematika.
  4. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) khususnya bidang Matematika.
  5. Menjalin tali silaturrahim dengan sekolah dasar rekanan Pondok Pesantren Fathan Mubina.

Waktu dan Tempat

Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 25 November 2016 bertempat di Pondok Pesantren Fathan Mubina, yang dimulai pukul 07.00 – selesai.

Ketentuan Peserta

Tiap sekolah yang mengikuti Olimpiade Matematika II mengirimkan peserta lomba perorangan, maksimal 5 orang peserta dengan kontribusi pendaftaran Rp 50.000 tiap peserta. Ketentuan lebih lanjut terlampir dalam petunjuk pelaksanaan.

Materi

Materi yang dilombakan dalam Olimpiade Matematika II ini adalah 60% materi kelas 4, 5 dan 6 sesuai dengan Kurikulum KTSP, 20% materi kelas 7 SMP yang relevan dengan tingkat sekolah dasar dan 20% materi OSN SD.

Begitupun dengan tingkat SMP, 60% materi kelas 1, 2 dan 3 SMP sesuai dengan Kurikulum KTSP, 20% materi SMA yang relevan dengan tingkat SMP dan 20% materi OSN SMP.

Fasilitas

  • Peserta SD : T-Shirt ODEMA, sertifikat, gantungan kunci, dan konsumsi (snack + makan siang)
  • Peserta SMP : T-Shirt ODEMA, sertifikat, note book, dan konsumsi (snack + makan siang)
  • Guru Pembimbing : sertifikat, mug ODEMA, dan konsumsi (snack + makan siang)

Tahap Kegiatan

Olimpiade Matematika II akan dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu babak penyisihan I, penyisihan II,  semifinal dan final.

Selain olimpiade, para peserta juga akan diajak untuk Tour Pondok Pesantren Fathan Mubina dan berbagai Outbond dan games menarik berhadiah.

Hadiah

Total Hadiah Uang Pembinaan hingga Rp 15.000.000.

Untuk masing-masing juara I, II, dan III dari tingkat SD dan SMP akan mendapatkan Piala, Sertifikat, dan Uang Pembinaan

Untuk masing-masing peserta terbaik I, II, dan II dari tingkat SD dan SMP akan mendapatkan Sertifikat dan Uang Pembinaan.

KETENTUAN BAGI PESERTA

  1. Peserta merupakan pelajar muslim/muslimah.
  2. Masing-masing sekolah mengirimkan maksimal 5 orang peserta dengan 1 guru pembimbing.
  3. Peserta lomba merupakan perorangan.
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000,00/peserta.
  5. Pendaftaran dibuka tanggal 17 Oktober 2016 s.d 17 November 2016.
  6. Menyerahkan berkas pendaftaran.
    1. Berkas meliputi: Formulir pendaftaran, Surat Keterangan atau Surat Rekomendasi dari kepala sekolah, dan bukti pembayaran biaya pendaftaran.
    2. Pembayaran bisa cash atau transfer. Transfer biaya pendaftaran ke :
      BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) 7102971897 atas nama PANITIA ODEMA
    3. Simpan bukti transfer (baik melalui teller maupun internet/mobile banking) untuk ditukar dengan kuitansi pada saat registrasi ulang.
    4. Berkas pendaftaran dapat diserahkan langsung ke kesekretariatan panitia ODEMA II (Kantor Pengajaran) Jalan Veteran III (Raya Tapos) Nomor 23A Ciawi Bogor atau via e-mail dengan cara mengirimkan hasil scan semua berkas pendaftaran ke odema.fathanmubina@gmail.com
    5. Konfirmasi pengiriman berkas pendaftaran via SMS/WA ke salah satu nomor berikut: 0821 1041 4392 (Ustadz M. Awaluddin Fikri),  0857 1945 9419 (Ustadz Muhammad Ikmal Nurman), atau 0858 9279 6195 (Ustadzah Shopy Aulia Hurun Ingnun).
  7. Peserta wajib registrasi ulang pada saat perlombaan.
  8. Peserta lomba menggunakan seragam sekolah masing-masing (muslimah berkerudung).
  9. Peserta yang sudah mendaftar tetapi tidak menghadiri olimpiade, dianggap gugur dan uang pendaftaran tidak dikembalikan.
  10. Tidak ada Technical Meeting, apabila ada pertanyaan terkait dengan ODEMA II, dapat menghubungi contact person.

Selengkapnya dapat dilihat pada Buku Panduan ODEMA II

Soal ODEMA Tahun lalu dapat didownload di sini

Pondok Pesantren Fathan Mubina

Pondok Pesantren Fathan Mubina