Info

Lomba Cerdas Cermat Bulanan Antarkelas

Ada yang baru pada Fathan Mubina tahun ini. Bukan dari fasilitas atau gedungnya, bukan juga dari ustadz atau ustadza ataupun dewan guru. Tapi pada tahun ini, Pondok Pesantren Fathan Mubina memiliki agenda rutin yang baru. Apa itu? Ya, Lomba Cerdas Cermat Antarkelas yang rutin diadakan setiap awal bulan. Setiap bulannya akan diundi kelas yang akan berlomba memperebutkan gelar juara dan kelas terbaik. Agenda rutin ini merupakan Program Kerja dari Bagian Pengembang Potensi dan Prestasi Santri (P3S) yang juga merupakan bagian yang baru dari Struktur Kepengurusan Pondok Pesantren Fathan Mubina. “Dengan adanya Bagian P3S ini, merupakan bukti bahwa Fathan Mubina sangat serius dalam mengembangkan potensi yang dimiliki para santrinya serta keseriusan Fathan Mubina untuk mencetak bibit-bibit unggul agar dapat bersaing dengan sekolah lainnya,” ujar kepala bagian P3S, Ust. Suhendra. “Dan tentunya kita juga serius ingin menambah koleksi piala dan piagam penghargaan dari berbagai lomba,” lanjut beliau.

LCC Bulanan Antarkelas yang pertama kali diadakan pada awal september lalu, tepatnya pada hari Sabtu tanggal 3 September 2016 pada jam 20.30 – 23.00 WIB. Untuk pertama kalinya, kelas 2 SMP lah yang berkesempatan untuk saling unjuk gigi memperlihatkan kemampuan mereka di bidang akademik. Kelas 2 SMP terbagi menjadi 5 kelas, yaitu kelas putra, A dan B, dan kelas putri, C, D, dan E. Acara yang bergengsi ini selain untuk unjuk kebolehan para anggota kelas, juga sebagai ajang bagi para Wali Kelas untuk bersaing membuktikan bahwa anak didiknya lah yang terbaik. Maka dari itu, dalam hal ini Wali Kelas juga berperan dalam memilih utusan yang akan ikut bertanding, serta melatih dan membimbing mereka agar meraih Predikat ‘Juara I’.

Perlombaan pun berlangsung dengan sengit. Masing-masing kelas tidak ada yang mau mengalah. Bahkan juri pun sampai kerepotan memilih regu untuk menjawab ketika bel masing – masing regu berbunyi dan menyala secara bersamaan. Apalagi waktu sudah malam, dengan penglihatan yang sedikit buram, tapi terus berusaha memilih regu dengan seadil-adilnya. Hampir semua soal dilahap habis oleh para peserta lomba. Sebagian mereka pun terlihat belum puas dengan hasil akhir yang diperoleh karena kelas mereka belum memenangkan perlombaan ini.

Hasil akhir pun sudah didapat. Pemenang untuk lomba kali ini diraih oleh kelas 2E Putri. “Alhamdulillah anak-anakku kelas 2E akhirnya juara 1 lomba LCC Antarkelas selamaaaat yaaa …., jadi terharu,” kata Ustdzh Tari, Wali Kelas 2E. Wali Kelas yang lain pun sepertinya masih belum percaya jika anak didiknya tidak menang dalam lomba ini. “Ya mungkin itu hanya sebuah keberuntungan untuk kelas 2E, karena biar bagaimana pun, kelas saya lah yang terbaik, lihat saja pada lomba-lomba selanjutnya!” tanggapan Ust. Ramzi, Wali Kelas 2A, yang sepertinya agak kecewa dengan hasil yang didapat anak didiknya.

Menang dan kalah dalam suatu perlombaan itu adalah hal yang wajar, karena sesungguhnya tidak disebut sebagai pemenang, jika tidak ada yang kalah. Yang terpenting, pada momen LCC kali ini, menjadi ajang untuk ber-fastabiqul khoirot meningkatkan kemampuan serta potensi di bidang akademik. Selamat bagi yang menang. Jangan berkecil hati bagi yang kalah, karena sebenarnya itu dapat menjadi evaluasi bagi kita bahwa masih banyak hal yang kurang dari diri kita sehingga kita harus terus meningkatkan kualitas diri.

Tinggalkan komentar

Pondok Pesantren Fathan Mubina

Pondok Pesantren Fathan Mubina