Info

Olimpiade Matematika (ODEMA) III Pondok Pesantren Fathan Mubina : Mengembangkan Potensi Matematika Siswa/i SD dan SMP Sederajat

Matematika adalah ilmu universal yang mendasari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, memajukan daya pikir serta analisa manusia. Matematika memiliki peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Banyak permasalahan dan kegiatan dalam hidup kita yang harus diselesaikan dengan menggunakan ilmu matematika seperti menghitung, mengukur, dan lain-lain. Mata pelajaran ini dinilai susah bagi siswa tetapi menarik dan menantang saat mempelajarinya. Matematika masih menjadi mata pelajaran penentu kelulusan siswa dalam Ujian Nasional. Banyak lomba Matematika seperti Olimpiade Matematika di beberapa instansi pendidikan, memasukkan materi sesuai dengan indikator Ujian Nasional.

Ajang perlombaan berupa Olimpiade Matematika ini berawal dari ide Bapak pimpinan Pondok Pesantren Fathan Mubina, H. Chairuman Kamal, MA. Beliau ingin menjalin tali silaturrahim kepada sekolah dasar rekanan Pondok Pesantren Fathan Mubina melalui kegiatan perlombaan. Tahun pertama pelaksanaan ODEMA berjalan dengan lancar dengan peserta tingkat SD. Kemudian mulai tahun lalu, peserta ditambah dari sekolah rekanan tingkat SMP.

Pada tahun ini, Olimpiade Matematika (ODEMA) III Tingkat SD dan SMP Rekanan Pondok Pesantren Fathan Mubina yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 November 2017, mengambil tema “Rangkailah Barisan dan Deret Prestasimu menuju Generasi Milenial”.

Olimpiade ini diikuti oleh 262 orang peserta dengan rincian 101 peserta SD/MI dari 22 sekolah, 95 peserta SMP/MTs dari 23 sekolah, serta 66 peserta dari MI, MTs, dan SMP Fathan Mubina.

Odema ini berbeda dengan olimpiade lainnya yang sering diselenggarakan oleh lembaga/instansi lain. Di sini, peserta tidak hanya mengerjakan soal-soal olimpiade, tetapi juga diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik lainnya, yaitu : 1. Outbond 2. Games dan kuis berhadiah 3. Tour keliling Fathan Mubina 4. Kunjungan ke laboratorium untuk melihat demonstrasi sains 5. Bazar & Expo 6. Penampilan santri – santri Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, peserta diharapkan tidak jenuh dalam menunggu hasil olimpiade, dan juga menjadi pengurang kekecewaan bagi peserta yang tidak lolos ke tahap selanjutnya.

Setelah melalui beberapa babak olimpiade, akhirnya didapatlah juara ODEMA tahun ini diraih oleh Muhammad Rayhan K dari SDIT Exiss ABATA Jakarta untuk tingkat SD/MI dan M. Daffa Harits dari SMPI Darul Jannah Plus untuk tingkat SMP/MTs.

“Semoga dengan ODEMA ini dapat meningkatkan motivasi serta ketertarikan siswa/i dalam belajar matematika. Karena selain belajar perhitungannya, matematika juga mengajarkan kepada kita bahwa sesulit apapun suatu masalah pasti ada jalan keluarnya jika kita mau mempelajarinya dengan sungguh-sungguh, yang ternyata lebih mudah dari yang dibayangkan.” Ucap Ust. Fikry Awaluddin selaku Ketua Panitia ODEMA III 2018.

Pondok Pesantren Fathan Mubina

Pondok Pesantren Fathan Mubina